OSDF Gelar Seminar Literasi, Narasumber Ajak Santri Menulis

Organisasi Santri Darul Falah (OSDF) menyelenggarakan Seminar Literasi dengan mengangkat tema “Kreativitas Menciptakan Kata, Mengubah Ide Menjadi Goresan Pena” pada Sabtu, 7 September 2024. Kegiatan ini menghadirkan pustakawan Dispustaka Enrekang Irsan selaku narasumber, bersama dengan guru SMAN 2 Enrekang, Fatmawati dan guru PPM Darul Falah Adi Warsito.

Kegiatan yang digelar di Aula PPM Darul Falah ini diikuti sekitar 200-an santri dari MTs dan MA.

Direktur PPM Darul Falah, Bahrum Sindang, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan kepada para santri agar mengikuti seminar Literasi ini dengan baik agar mendapatkan inspirasi untuk berkreasi, khususnya dalam menulis.

Sementara itu, pada sesi pertama yang disampaikan Fatmawati, ia menerangkan kepada para santri mengenai literasi secara mendasar. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan bahwa beberapa kali dirinya melakukan pendampingan menulis kepada santri. Ia memesankan kepada santri agar berani menuangkan ide-ide atau pengalaman yang dijalani para santri.

Di sesi kedua, Irsan, memperkuat pemahaman peserta mengenai literasi dasar. Menurutnya, literasi harus dipahami sebagai bagian dari anjuran agama Islam, sehingga menjadi motivasi bagi para santri untuk giat berliterasi. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa literasi dapat menguatkan potensi santri agar memiliki skill yang dapat diaplikasikan di masa depan.

Lebih lanjut, Irsan mengharapkan bahwa aktivitas membaca dibarengi pula dengan aktivitas menulis. Menurutnya, untuk bisa menulis, harus ada referensi sehingga diksi dan kosakata makin kaya. Karenanya, ia pun mengajak para santri memanfaatkan perpustakaan yang ada di sekolah dan di perpustakaan umum, sementara untuk bisa menuangkan tulisan, Irsan memperkenalkan website Literasi Enrekang.

“Adik-adik santri harus memaknai bahwa anjuran berliterasi ini merupakan hal yang dasar dalam Islam, karena merupakan perintah pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad yakni membaca dan menulis”, ujar Irsan dihadapan santri.

Kegiatan ini kemudian ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan kepada ketiga narasumber. Irsan pun dalam kesempatan tersebut, menyampaikan terima kasih kepada Direktur atas ruang berbagi yang dihadirkan oleh PPM Darul Falah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *