Perpusnas Buka Tantangan Membaca dan Menulis, Ayo Pelajar Enrekang Kita Ramaikan!

Beberapa hari yang lalu tepatnya pada 20-21 Juni 2024, Perpustakaan Nasional RI melaksanakan Sosialisasi Gerakan Indonesia Membaca di Provinsi Sulawesi Selatan: Sepekan 1 Buku dan Membaca Nyaring. Kegiatan tersebut dapat disimak melalui Youtube PAPPBB Perpusnas RI, sehingga kapan saja bisa dibuka dan tentunya memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh pelajar di Sulawesi Selatan. Informasi mengenai Gerakan Indonesia Membaca (GIM) ini juga bisa diakses melalui website indonesiamembaca.perpusnas.go.id dan Instagram @gemarmembaca.id.

Sumber gambar indonesiamembaca.perpusnas.go.id

Ada beberapa tantangan yang digelar Perpusnas di antaranya tantangan Sepekan 1 Buku dengan membaca buku dan buat resensi dalam bentuk tulisan atau video, tantangan Membaca Nyaring dan kepenulisan konten lokal. Tujuan dari adanya Gerakan Indonesia Membaca ini tentunya diharapkan untuk meningkatkan literasi dan budaya baca di Indonesia. Karena itu dalam pemaparan Perpusnas pada Sosialisasi GIM di Makassar pekan lalu, mengisyaratkan terjalinnya kolaborasi antara Dinas Perpustakaan, Dinas Pendidikan, Guru, Pustakawan dan Pegiat Literasi, serta masyarakat.

Tentunya, sebagai pustakawan kita juga mengharapkan Gerakan Indonesia Membaca tersebut dapat disosialisasikan ke sekolah-sekolah di Kabupaten Enrekang agar dapat berpartisipasi secara aktif. Adanya GIM ini juga menjadi gerakan yang menguatkan gerakan lokal selama ini yang sudah digerakkan secara pelan, seperti Massenrempulu Membaca maupun inisiatif komunitas literasi.

Sebenarnya, beberapa kegiatan sudah pernah difasilitasi oleh Dispustaka Enrekang, salah satunya melalui situsweb ini. Sejak 8 tahun lalu bahkan situs ini digunakan tempat untuk menerbitkan ulasan buku yang telah dibaca, bahkan juga memberi apresiasi kepada setiap pelajar yang tulisannya diterbitkan dengan memberikan 1 buku baru. Di situs literasi.enrekangkab.go.id ini juga telah dibuat kolom-kolom seperti Pelajar Menulis, Guru Menulis, Pustakawan Menulis, Santri Menulis, Birokrat Menulis, Ulasan Buku dan lainnya. Konten tulisan yang terbilang cukup banyak di situs itu adalah konten lokal Enrekang, kuliner, wisata dan alamnya. Meskipun intensitasnya tidak terlalu signifikan tapi ajakan terus menulis ini masih berlangsung. Semacam Klub Baca Pemustaka, klub ini masih tetap ada namun pertemuannya belum intens namun sudah melibatkan pemustaka secara proaktif menghadirkan sesi-sesi Bincang Buku, terakhir dilakukan secara live @dispustaka_enrekang.

Untuk itu mari kita sukses Gerakan Indonesia Membaca dalam arti yang lebih berkelanjutan dan terintegrasi dengan gerakan membaca yang sudah digerakkan selama ini di Enrekang. Sebagai langkah awal, mari berpartisipasi dalam tantangan Perpusnas, agar tantangan ini menjadi pemicu untuk upaya gerakan membaca yang tak mengenal waktu. Ayo semangat!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *